Selasa, 03 Juni 2014

Bu kulah Maulid , Khas Aceh



Selain Mie Aceh, Aceh juga punya kuliner nikmat bernama Bu Kulah. Kuliner yang memiliki arti nasi bungkus itu mudah dijumpai saat Maulid. Pastikan Anda mencicipinya jika datang ke Aceh.

Bu itu bahasa Indonesianya nasi, Kulah itu biasanya dibungkus. Jadi Bu Kulah merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang.

Bu Kulah Biasanya disajikan waktu acara Kenduri (makan bersama) peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Hampir seluruh daerah di Aceh Memperingati hari besar ini. Setiap Gampong/Meuasah/kota/desa di Aceh memperingatinya secara besar-besaran.

Hidangan yang disumbangkan oleh masyarakat dikumpulkan oleh panitia pelaksana Maulid, kemudian disajikan untuk masyarakat yang telah diundang dan masyarakat penduduk Gampong/Desa tersebut!

Selain itu panitia juga menyediakan kuah khas khusus, yaitu kuah beulangong yang ditambahkan pada nasi untuk disantap.

Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari Lahir.

Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Di Aceh, dalam peringatan Maulid ini, biasanya masyarakat mengikuti acara ceramah Maulid. Biasanya diadakan malam ataupun siang hari sesuai jadwal yang ditetapkan oleh panitia pelaksana disetiap gampong/kampung.

Nah, jika Ke Aceh Di bulan Maulid, pastikan bisa merasakan serunya peringatan Maulid dan Bu Kulah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar