Rabu, 13 April 2016

Pariwisata Aceh? Sabang saja! ini dia destinasinya.

Foto di Atas Kapal Menuju Pulau Weh Sabang

Nah siapa sangka sekarang banyak wisatawan lokal maupun asing terus melirik pulau Weh di Paling Ujung Indonesia Bangian Barat ini. ya Sabang! kamu harus kemari untuk menikmati indahnya alam bawah laut dengan terumbu karang yang masih alami dan beberapa obkjek wisata lainya yang khas di pulau weh ini. Berikut beberapa destinasi yang ada di Kawasan wisata pulau Weh ini :

1. Balohan Sabang

Balohan adalah salah satu pelabuhan untuk masuk ke pulau Weh, dimana di pelabuhan  Balohan ini tempat merapatnya atau berlabuh  Kapal Motor Penumpang (KMP) dan kapal cepat yang berlayar dari Pelabuhan Ulee-leue di Banda Aceh. Nah untuk Berwisata pertama di sekitar balohan terdapat salah satu lokasi yang sering di sebut dengan kelok Balohan, di puncak perbukitan kita bisa narsis dengan latar belakang laut dan bukit yang mempesona.

Foto di Sekitar Kelok Balohan

2. Taman Wisata Putri Ijo

Traveler yang akan berwisata di Sabang, bisa berkunjung ke Taman Wisata Putri Ijoe yang berada di kawasan Danau Aneuk Laot. Traveler bisa wisata kuliner, memancing, permainan air, arena outbond, hingga fish feeding. Taman wisata ini jadi lokasi wisata wajib dikunjungi di Pulau Weh, Aceh.

Foto salah satu sudut kawasan  Taman Wisata Putri Ijo


3. Pantai Ujung Kareung

Sabang di Aceh memang memiliki banyak pantai indah yang sangat memukau. Salah satu yang belum banyak diketahui adalah Pantai Ujung Kareung. Pantai tersebut menawarkan pemandangan laut indah dengan latar batu karang. Wisata ke Sabang, mampirlah ke Pantai Ujung Kareung, Kecamatan Suka Jaya, Sabang. Bakalan betah liburan di ujung barat Indonesia.
foto Pantai Ujung Kareung

4. Pantai Sumur Tiga
pantai sumur tiga adalah salah satu destinasi pantai paling dekat dan strategis, letaknya di kawasan ie Meule tidak jauh dari pusat kota. pepohonan kelapa di pinggir pantai yang berpasir putih membuat suasana semakin santai di tambah dengan tersedianya berbagai fasilitas penginapan yang keren dan unik-unik. di sekitar pantai ini terdapat tiga sumur tua yang airnya tawar padahal dekat laut.

fato sekilas pantai sumur tiga

5. Pantai Iboih
Iboih adalah sebuah desa yang terdapat di kecamatan SukakaryaKota SabangAcehIndonesia.
Bersama dengan Gapang, Iboih merupakan daerah favorit untuk berekreasi dan melepaskan penat. Perairan di sekeliling pulau Sabang merupakan perairan laut lepas yang diapit oleh Selat Malaka dan Samudra Hindia. Di sekitar pantai Iboih juga terdapat resort-resort dan restoran untuk para wisatawan yang bermalam.

foto turis asing sedang menikmati jernihnya air di sekitar Pantai Iboih

6. Pulau Rubiah
Sesampai di Pantai Iboih, sempatkan diri menyebrang ke Pulau rubiah, Pulau ini kita bisa menikmati indahnya kerumbu karang baik dengan diving, snorkling, ataupun menggunakan perahu kaca. banyak para penawar jasa watersport di kawasan ini, anda juga bisa mengeliling pulau rubiah dengan biya sewa boat dengan harga terjangkau.
Foto banyaknya pengunjung di pulau rubiah
7.Pantai Gua Sarang
Gua sarang adalah salah satu destinasi di pulau Weh yang baru, belum banyak wisatawan yang mengunjunginya, penampaknnya jak jauh beda seperti objek Raja Ampat di Papua. Gua Sarang ini sangat indah dan terkesan alami.
Foto Pantai Gua Sarang di Pulau Weh

8. Kilometer  0 Indonesia
Sampai di Sabang rugi sekali kalau tidak ke KM 0, ini adalah titik 0 Indonesia di paling barat, di  dini terdapat tugu yang sedang di Renovasi dan kita bisa mendapatkan sertiikat berkunjung ke KM 0 Ini dengan menintapa pada petugas yang sudah stanby di sekitar tugu ini.
foto tugu Kilometer 0 Indonesia
9. Benteng Jepang
Sejarah membuktikan jepang juga pernah ke Pulau Weh, di sabang banyak terdapat peninggalan benteng pertahanan tentara jepang di masa yang lalu, benteng-benteng ini tersebar hampir merata di Pulau weh Ini.
Foto salah satu Benteng Jepang di Sabang
10.Taman Wisata Kuliner
Nah, Bagi kamu yang suka Kuliner! Apasalahnya setelah asik berwisata di Pulau Weh, anda bisa mencoba berbagai macam kuliner laut yang disediakan di taman kuliner ini. yang paling Favorit di cari oleh wisatawan selain Ikan bakar adalah sate gurita, selai itu banyak ragam menu yang terdapat di lokasi ini.
Foto Tugu Wtaman Wisata Kuliner
Untuk di ketahui, Selain pantai dan lautnya, pualu Weh ini juga menawarkan objek wisata yang lain seperti air terjun Pria Laot, Wisata Air Panas Jaboi, Jaboi Volcano yang sangat sayang jika di lewatkan jika berkunjung ke pulau ini. 
selain itu, di sabng juga banyak oleh-oleh khas yang terkenal, misalnya Kue Bakpia Sabang yang juga terkenal dengan kue kacang, Salak sabang yang rasanya beda dengan salak biasanya, dan banyak laiinya. 
Foto salah satu dapur produksi kue Sabang
untuk tranportasi, di Sabang banyak tersediakan jasa angkutan umum maupun jasa rental yang siap membawa anda untuk berwisata di pulau Weh ini. selain menggunakan jasa penyebrangan laut, di sabang juga tersedia Bandar Udara yang bernama Maimun Saleh yang bisa mendaratkan anda di pulau Weh ini. 
nah begitulah gambaran destinasi di Pulau Weh, Sabang, semoga menjadi destinasi anda keluarga anda selanjutnya. 





1 komentar: