Rabu, 23 April 2014

Robur AC Alam


Darusassalam Banda Aceh! Ya semua orang yang ke Aceh harus tau kawasan ini, apa lain kalau bukan lokasi Kampus dengan julukan “Jantong Hate” Rakyat Aceh, di Darussalam ini berdiri megah dua kampus Favorit masyarakat aceh yaitu Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (IAIN/UIN). Sudah ratusan ribu bahkan lebih sarjana telah menimba ilmunya di Dua Kampus ini, Baik yang datang dari Kabupaten di Aceh maupun dari Provinsi lain di Indonesia. Banyak sarjana yang telah memberikan kontribusinya di Negeri tercinta ini Indonesia dan khususnya Aceh!

Untuk menuju ke Darusaalam kita bisa menggunakan segala macam transportasi di dukung jalan yang mulus dan jaraknya sangat dekat dari pusat kota Banda Aceh, dari Sepeda (gari), sepeda motor, becak, Labi-labi, DAMRI bahkan naik mobil pribadi! 

Pemerintah Kota Banda Aceh sangat memerhatikan masyarakat kota dengan menyedikan berbagai sarana pendukung untuk kelancaran segala sesuatu urusan publik ! dari segi transportasi dari terminal, angkutan hingga seluruh pendukungnya. 

Sekarang kira bercerita sedikit sejarah  tentang menuntut ilmu tempo tulu di Banda Aceh! Tidak jauh beda dari sekarang, pemerintah dulu juga menyediakan transportasi untuk penunjang kegiatan masyarakatnya! Khusus untuk transportasi menuju ke kampus pemerintah telah menyediakan yang namanya “ROBUR”..!
Tau kan ? ya Robur adalah transportasi yang di gunakan oleh para Mahasiswa Pada masanya waktu dulu, Bus yang berwarna hijau tua dengan ukuran lebar telah mengantarkan banyak mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana!!

Pengalaman penulis! Setiap pagi dikala menuju kampus dulu! Harus mengejar dan berebutan menaiki bus Robur tersebut yang akan memarkirkan di lokasi depan Mesjid Raya Baiturrahman!!  Berdesakan, berimpitan sudah biasa demi sampai di kampus, dengan ongkos Rp. 100 pada masanya agar semua mahasiswa bahkan kalangan penumpang lain bisa sampai ketujuan! 

Hari demi hari, bulan yang bergantian hingga tahun kami pun bisa mendapatkan gelar yang di tunggu-tunggu oleh orang tua di kampung sana! Ketika Ijazah sudah di tangan di tambah Baju Toga yang menutupi badan! Perjuangan pun tidak sisa-sia!! Senyum tawa bahagia bersama keluarga di depan camera pu telah terpajang di sudut dinding Rumah! Hehe

Kita kembali ke masa sekarang! Untuk menuntut ilmu di Darussalam ini cukup mudah, semua fasilitas lebih lengkap dan bagus! Mahasiswa tak perlu susah-susah lagi mengantri bahkan berebutan Robur. Karena sarana Transportasi telah banyak! Bahkan sekarang mahasiswa mayoritas sudah memiliki kendaraan sendiri untuk menuju kampus, baik sepeda motor maupun mobil! Keren ya!!
Nah apalagi!! Hai para Lulusan SMA… Yuk Kuliah di Darussalam Banda Aceh!!  banyak bidang Ilmu yang bisa mengubah hidup anda! Tak usah takut tinggal di Banda Aceh Karena semua fasilitas sudah Ada!!


3 komentar:

  1. Robur Tua Vs Damri, mana bedanya ya. wkwkwk. mantap. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

    BalasHapus
  2. kenangan tak terlupakan,,,,hanya dengan Rp. 50,- perak uda nyampe,,,,,

    BalasHapus
  3. Jaman saya dulu, ongkos Robur masih Rp. 50 lho. Naik Robur menyisakan banyak sekali kenangan. :)

    BalasHapus