Kamis, 19 Juni 2014

Semangat Menulis Meningkat Setelah Berkunjung ke Dapurnya AirAsia


Foto di Kolam Latihan Evakuasi Laut


Berikut sepenggal kisah paling seru menurut saya ketika berkunjung ke  Asian Aviation Centre of Excellence (AACE).
Selama berada di Malaysia  tepatnya yang berlokasi di  Sepang  saya bersama tujuh teman lainnya dari beberapa perwakilan di Indonesia di layani dengan sangat baik di lokasi pelatihan yang memiliki standar dan pelayanan terbaik  yang merupakan pusat pelatihan pilot dan pramugrari di AirAsia.
Pusat  pelatihan AACE Sepang  terletak di dekat Low Cost Carrier Terminal (LCCT), yang hanya beberapa menit dari gedung  terminal bandara. AACE Sepang merupakan  pusat  latihan para pilot, pramugari, agen layanan tamu, agen penerbangan  dan insinyur penerbangan.

Miniatur Pesawat AirAsia

Pusat pelatihan di Sepang ini juga memiliki ruangan dimana terdapat enam kendali Simulator Penerbangan untuk pesawat jenis A320 dan A330. Disini juga  training  MFTD, dan terminal CBT, FMGS (istilah penerbangan) AACE juga mempunyai ruang simulasi  evakuasi saat terjadinya kecelakaan pesawat.
Di sisi Ruang evakuasi juga terdapat kolam cantik dan jernih yang di ibaratkan sebagai laut dimana pesawat yang mendarat darurat. 
Para calon pramugari dan pramugara terlihat serius dalam latihan di atas perahu karet besar dan di bawah terik sinar matahari, mereka melakukan simulasi penyelamatan penumpang di dalam pesawat ke dalam perahu karet tersebut.

Latihan Evakuasi di Laut

Asian Aviation Centre of ExcellenceLot beralamat di Jalan KLIA S5 Southern Support Zone, KLIA64000 Sepang, Selangor Darul Ehsan Malaysia, lokasi Pusat pelatihan AACE Sepang terletak di bagian Selangor di Malaysiayang jaraknya  20 km dari terminal utama Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) dan hanya 5 kilometer dari Low Cost Carrier Terminal (LCCT).

Yang paling menarik dari kegiatan "Airport and AirAsia Academy Tour 2014" kami dilayani oleh panitia secara prima dari keberangkatan hingga kembali ke daerah asal. Saya yang mewakili Sumatra  dari Bandar Udara Internasiaonal Sultan Iskandar Muda di Aceh di berangkatkan ke Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng Jakarta,bertemu dengan tujuh rekan lainya yang berbeda profesi ada mahasiswa , jurnalis, Blogger, karyawan Bank, Swasta dan saya sendiri berprofesi sebagai Guru.

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta

Kemudian  kami dari Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta  di berangkatkan ke Sepang Malaysia! Sesampai di Bandara sekitar pukul 9 malam waktu setempat kami langsung di sambut oleh panitia dengan menggunakan Bas Pasiaran istilah bus pariwisata di Indonesia. Kami pun langsung di bawa keliling kota Kuala Lumpur merasakan gemerlap malam dengan pesona warna –warni lampu kota yang sangat keren. Selain itu kami menyempatkan berkunjung ke menara kembar yang merupakan Iconnya Kuala Lumpur.

Setelah lelah keliling kota kami diajak makan malam bersama di salah satu Restoran yang ternama di kuala lumpur, di retoran ini pun kami di service abis layaknya tamu kehormatan, hehhe . menu yang di sajikan pun sangat special yang pasti sesuai dengan lidah kami orang Asia dan tentunya halal, di restoran ini kami sepakat memesan minuman Khas “Teh Tarik “ kuala Lumpur yang rasanya beda dengan Teh  tarik dikampung saya.

Setelah selesai dengan makan malamnya kami pun di antar ke salah satu hotel ternama di kuala Lumpur untuk beristirahat. Menurut saya ini hotel yang  mewah dan baru kali ini merasakannya,  maklum saya dari daerah terujung di Indonesia!

Nginap di Hotel Asik

Keesokan paginya setelah sarapan pagi di restoran hotel kami langsung di bawa ke Asian Aviation Centre of Excellence. Disitu kami berikan sedikit ilmu tentang dunia penerbangan seperti sejarah, keselamatan penerbangan, tugas Pilot, pramugrari, kerjasama antara awak kabin dan penumpang, bahkan di bawa ketempat pramugari AirAsia merias diri, sungguh lengkap sajian ilmu penerbangannya ! untuk di ketahui di pusat pelatihan AirAsia ini para calon pilot dan pramugari di datangkan dari hasil seleksi dari beberapa Negara di Asia seperti Thailand, Fhilipina, Indonesia, Singapura, India, dan negara lainnya.

Foto bersama trainer

Sungguh pengalaman yang tak terlupakan selama  di Negeri Jiran Malaysia. Ini merupakan sejarah hidup  saya di  tahun 2014 ini, pengalaman ke luar negeri perdana dan pengalaman ini juga sebagai penghargaan dari salah satu media online terkenal di Indonesia yang bekerja sama dengan AirAsia  dimana beberapa kontribusi saya dalam tulisan tentang wisata di Indonesia khususnya wisata di tempat lahir saya yaitu Aceh .


Anda bisa membayangkan bagaimana serunya kegiatan "Airport and AirAsia Academy Tour 2014" jika anda ingin merasakan seperti yang kami rasakan silahkan menghubungi AirAsia Indonesia.

 www.facebook.com/AirAsiaIndonesia



 

9 komentar:

  1. Wuih seru kegiatannya, jadi pengen, ntar kalo ada lagi infoin ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia seru banget memang, banyak pengalaman baru di dapat disana!! ok ntar di kabari,, gampang kok kalo mau kesana !! hehhe hubungi saya kita bantu :)

      Hapus
    2. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh Tki yang bekerja di negeri orang saya Muhamad Iskandar seorang TKI DARI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan hamil gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak, kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor AKI NANDA IRAWAN katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi aki karna saya pikir tidak ada salah,nya kita coba dan minta angka bocoran angka yang di berikan aki 4D ternyata betul- betul tembus 100% bagi saudarah-saudar yang ada indo maupun di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi AKI NANDA IRAWAN di nomor 0852-1834-6024-silahkan buktikan sendiri demi allah saya sudah membuktikan angka dari aki sekrang giliran anda membuktikan.

      Hapus
  2. keren mas..btw bagaimana cara mengirim tulisan tentang AA ke kompetisi ini? apakah melalui email?

    BalasHapus
  3. copas aja nih,, infonya lebih jelas :)

    https://www.facebook.com/notes/airasiaindonesia/kompetisi-blog-10-tahun-airasia-indonesia/810741058958974?comment_id=812353688797711

    BalasHapus
  4. Gimana caranya ikut airport and airasia academy 2014 ? Share info donk

    BalasHapus
  5. seru sekali bisa dapat kesempatan airport dan airasia acedemy :)
    good luck for contestnya ya!

    BalasHapus