Kamis, 03 Juli 2014

Kesan pertama begitu menggoda!! selanjutnya Berabu semua,, Kisah OJT

OJT PENUH CERITA

Dikit-dikit foto, ntah apa !! hehhe itulah yang sering di ucapin ama kawan-kawan kepada saya !! ga apalah gak masalah buat saya dokumentasi itu penting!!

nah ini adalah secuil atau sedikit cerita kami untuk mengenang kegiatan kami sebagai OJT, bagusnya saya bahas perfoto aja ya !!

 
Nah coba liat ini,, foto kami yang pertama nih!! begaya dengan bulldozer besar, ban nya aja besar ya kan? Muhamamd Itia, Bustanil Arif, Alfisyahsin dan saya dengan helm safety yang warna warni, trus pake sepatu yang ujungnya pake besi hehhe,, ini bukan lagi tes drive loo!! tapi sedang menikmati waktu saat berkunjung di salah satu bagian yaitu MRD bengkelnya alat-alat berat pada pabrik pengolahan semen di Aceh PT. Semen Andalas Indonesia.


Pagi yang indah namun udara tak begitu segar! mengapa begitu? ya maklum saja setiap pagi kami datang dengan mengendarai sepeda motor dari kota Banda Aceh menuju arah lhoknga Aceh Besar guna menikuti On Job Training (OJT) selama satu bulan penuh di pabrik semen ini untuk melengkapi SKS pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Syiah Kuala. 

Pabrik yang hidup 24 jam ini terus menghasilkan semen hasil olahan batu kapur dan lainnya sehingga dampaknya sangat membahayakan bagi kesehatan. Abu yang halus terus terbang bersama udara di sekitar pabrik. namun kami para OJT dan Karyawan pabrik lainnya telah siap dengan perlengkapan pengamanan diri atau safety yang sudah di persiapkan setiap harinya. jadi pencegahan itu selalu ada.

pada foto di atas terlihat Bustanil,saya, Alfi dan Munardi dari teknik Kimia UNSYIAH, kami sedang berdiri di hadapan silo dimana berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan pembuatan semen.

 
Foto ini memperlihatkan sedikit kondisi di dalam pabrik, dimana kami para OJT di hadapi dengan berbagai macam yang namanya Mesin dan besi yang beragam bentuk dan ukurannya. 
selama hidup sepertinya waktu itu lah kami baru memegang atau melihat ukuran pipa besi yang diameternya kira-kira  lebih dari satu meter bah kan lebih dari itu. semua kontruksi pabrik  berbahan baja sehingga butuh pengamanan ekstra selama menjalankan kerja praktek ini .

 
memang rezeki kami waktu itu, kami berkesempatam masuk kedalam salah satu alat pembakar bahan mentah semen yang bernama kiln, ya waktu itu terjadi Breakdown sehigga aktifitas pabrik sedikit terganngu. 
mungkin kalau kita masuk di dalamnya ketika sedang beroperasi pasti langsung jadi abu yang warnanya hitam , hehehe panas banget !

 
Mengapa ada cewek di sini ayo?? rupanaya cewe tersebut pengen tau juga gimana isi dari kiln tersebut, namanya dina dia juga OJT namun beda dengan kami dia dari Jurusan Teknik Elektro seatap juga sih sama-sama dari Fakultas Teknik Unsyiah. Trus yang cowok yang pake helm merah siapa? dia juga OJT dari Jurusan Teknik Kimia namanya Sanusi.
kekompakan kami terus terjaga hingga menyelesaikan program OJT tersebut.

Nah ini seagar keliatanya !! ya segarlah di ruangan IT juga sebagai ruangan kontrol pabrik ber AC dingin..., dimana semua aktifitas pabrik di kendalikan di sini, cukup menggunakan komunikasi segala urusan jalan dan hentinya gerakan mesin di ruangan ini. operator yang selalu siaga akan memantau gerakan aktifitas pabrik.
lalu siapa dua orang cewe tuh?? apakah mereka operatornya? jawabnya bukan!! mereka juga sebagai OJT sama seperti kami, mereka namanya Moli dan Nurul Aflah dari jurusan Teknik Kimia UNSYIAH. kebetulan kami juga di ajarkan bagaiman kinerrja seorang operator pabrik yang kerjanya di ruang IT ini.. 


 hehhe.. gaya nya sok kali padahal cuma begaya,, alahai jangan percaya foto ini. hanya rekayasa belaka !!
Muhammad Itia selalu ada aja gayanya!!

Nih lagi Ilham Setiawan, panggilannya Si BOB, seolah-olah sudah seperti menteri komunikasi bagian HT, tapi sekarang sudah menjadi pengusaha di salah satu sudut di Jalan Teuku Umar, Banda Aceh ,,heheh ya gak apa -apa yang penting begaya sudah bisa pegang gituan,, maklum baru itu liat tu barang yang berbau terknologi, saya juga gitu :) pada masa itu lhoo !!

Makan-makan, ini bukan sekedar makan lho! BUBAR alias Buka Bareng! buka puasa maksudnya, ya kebetulan dulu kami kerja praktek awal nya di bulan Ramadhan. ya bisa di bayangkan untuk menunjukkan bahwa kami mahasiswa disiplin kami setelah sahur dan shalat subuh langsung tancap gas menuju pabrik. saya ingat selalu di jemput dengan supra fit sama kawan saya Alfisahrin, ST, MM.

Sungguh kenang-kenangan yang tak terlupakan berbuka puasa di salah satu rumah kawan yang kebetulan OJT juga bersama kami, saya sudah lupa namanya dia mahasiswi fakultas MIPA Unsyiah. Rumah nya tidak jauh dari pabrik di sekitar lampuuk. dirumah tersebutlah kami berkumpul bersama-sama berbuka puasa.

Namun hingga saat ini kami belum pernah berjumpa lagi, dan rumahnya juga tidak terdeteksi lagi lokasinya karena sudah di sapu sama air Tsunami .semoga mereka masih ada ya Allah ..

Foto bersama di pantai Lampuuk sebelum merapat buka puasa waktu itu,, culun-culun ya :)



Yuk kita bahas pabrik lagi setelah berbuka puasa.. nah di foto ini kejadiannya setelah Lebaran, sudah tidak puasa lagi.. tuh nampak kami pada begaya di atas mobil operasional  pabrik. kami di ajak sama pak sopir untuk mendaki puncak gunung silt stone, ya puncak dimana batu kapur di ambil dengan diledakkan dengan dinamik ,, doooarrr... ngeri !!!

 foto bersama siap-siap pengeboran pemasangan dinamik mau meledakkan gunung batu kapur

kalau kalian pernah ke pantai Lhoknga di atas PT SAI terdapat gunung yang sudah gundul! ya di situlah kami di bawa. Dari atas puncak itu, Subhanallah indahnya pemandangan yang tampak.. laut samudra hindia nan biru, pulau weh, pulau acehdan kota Banda Aceh juga tampak jelas dari atas, keren lah!!!


Sungguh indah alam ini, bukit batu kapur bahan pebuatan semen ini jumlahnya sangat banyak di Kecamatan Lhoknga Leupung ini. bahan ini tidak akan habis tujuh turunan (catat Itu) kata salah seorang karyawan pabrik saat itu, bayangkan pabrik semen ini di bangun tahun 1982 dan mulai produksi sekitar tahun 1984 sekarang kita lihat baru secuil saja baru di ambil material batunya. sudah banyak bangunan yang berdiri di berbagai daerah di Aceh dan daerah lainya baik di Indonesia maupun di luar negeri sana menggunakan Semen Andalas Ini .

Apa yang saya bayang kan adalah sumber daya alam yang dimiliki Aceh khususnya Aceh besar masih melimpah, salah satunya yaitu bahan pembuatan semen. jika saja pabriknya lebih besar lagi dan yang kerja memproduksinya adalah warga lokal maka saya kira masyarakat Aceh khususnya Aceh besar hidupnya lebih sejahtera.

Satu yang harus di persiapkan untuk bisa menjadikan masyarakat sejahtera adalah SDM alias sumber daya manusia harus di tingkatkan lagi, ajak siswa siswi untuk bisa belajar lebih giat lagi, arahkan mereka untuk melek teknologi, belajar ilmu keteknikan dan terus berfikir positif. Alam kita sendiri mengapa orang lain yang olah??? ya kan??  logika saja!! jangan selalu ada istilah "Buya gampong Teudong-dong buya tameng Meurazeki " heheh maaf ya bukan nyindir pendatang yang kerja di situ ya.. maaf-maaf,, saya cuma memotifasi sedikit pemuda-pemudi negeri ini!!

Iya itu sedikit penalaman saya dan beberapa teman yang lainya yang sudah merasakan menjadi OJT di PT. SEMEN ANDALAS INDONESIA pada tahun 2004 yang silam sepuluh tahun yang lalu kira-kira. Saya juga mewakili beberapa teman sesama OJT juga meminta maaf selama kami kepada seluruh karyawan PT.SAI saat itu mungkin ada yang silap ada kelakuan kami yang menyimpang mungkin! .. maafkan ya!! karena kami belum empat pamit kepada semu karena berhubung waktu itu Tsunami memisahkan kita. 

Kami juga sangat berterima kasih kepada Alm. Ridwan yang saat itu menjadi kepala bagian training yang telah menerima kani sebagai OJT, kak Eva juga sekertarisnya waktu itu! apa kabar kak semoga kakak membaca tulisan blog ini !
selain itu juga kami berteima kasih kepada Pak Rajuni, Pak Alian, dan bapak ibu yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu!

Sungguh kenangan yang tak terlupakan bersama kalian semua, ini secuil cerita yang masih saya ingat dan masih banyak cerita menarik lainnya yang belum saya sampaikan selama menjadi OJT.

Foto-foto diatas merupakan hasil dokumentasi menggunakan camera milik Alfisahrin. kebetulan saya temukan kembali, sehingga saya bisa mengingatkan kembali di saat masa perjuangan dulu selama di kuliahan heheh.

OJT MECHANICAL ENGINERING 2004 UNSYIAH


Terima Kasih
di tulis 4 Juli 2014
oleh Zulfan Ariansyah





Tidak ada komentar:

Posting Komentar